Seputar Teknologi Komputer dan Jaringan

loading...

5 Manfaat Teknologi Dalam Dunia Bisnis



5 Manfaat Teknologi Dalam Dunia Bisnis


Manfaat teknologi dalam dunia bisnis

Pada Saat ini teknologi berkembang dengan pesat dan sangat cepat. Hampir semua penemuan baru ditemukan hanya dalam hitungan detik dengan tujuan memperbaiki dan menyempurnakan hasil teknologi yang di gunakan sebelumnya. 

Teknologi informasi pada saat ini tidak hanya dipergunakan untuk kepentingan  suatu organisasi saja, tetapi juga digunakan pada suatu individu. Bagi organisasi, teknologi informasi dapat digunakan untuk mencapai keunggulan kompetitif, sedangkan untuk kebutuhan individu, teknologi dipergunakan untuk kepentingan pribadi seperti mencari informasi dan pekerjaan.

Dengan kemajuan teknologi yang cepat dan pesat ini, dapat di katakan teknologi informasi dan komunikasi telah memasuki ke semua bidang, salah satunya di bidang bisnis. Bisnis tanpa adanya teknologi informasi dan komunikasi tidak akan bisa maju dan terancam bisnisnya bangkrut. Banyak sekali seorang pebisnis yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mendukung kemajuan bisnisnya dan mendapatkan keuntungan yang diinginkannya.

Dengan memanfaatkan adanya teknologi di bidang bisnis  akan memberikan keuntungan yang besar untuk jalannya suatu bisnis yang akan di bangun. Berikut beberapa manfaat penting teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang bisnis:

1). Banyak bermunculan suatu peluang bisnis baru (E-business), semakin majunya teknologi informasi dan komunikasi akan mendorong beberapa orang untuk menciptakan beberapa peluang yang sangat menguntungkan dan sebagai modal bisnis yang sangat menguntungkan. Contohnya pemanfaatan kemajuan teknologi  informasi dan komunikasi seperti, google. Di mana search engine google banyak digunakan untuk mencari sesuatu di internet dan perusahaan google akan mendapatkan banyak keuntungan.

2).  Tidak terlalu banyak mengeluarkan biaya produksi dan operasional, kemajuan teknologi informasi dan komunikasi ini dapat membantu perusahaan dalam mengurangi beberapa biaya produksi sehingga perusahaan akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar dengan mengeluarkan biaya yang sedikit, dan mengurangi biaya operasional sehingga perusahaan dapat menambah jumlah produksi di setiap barang produksinya.

3). Mempermudah proses komunikasi pada setiap karyawan, komunikasi ini dapat mempermudah pada setiap karyawan yang bekerja, sehingga karyawan tidak perlu repot-repot datang ke ruang rapat dan berkumpul bersama, dan bisa melakukan komunikasi menggunakan komputer untuk saling berkomunikasi mengenai beberapa ide. Hal tersebut membuat rapat menjadi lebih praktis dan juga dapat mengawasi kinerja para karyawan.

4). Akses penyebaran informasi lebih luas, dengan adanya teknologi informasi kita dapat mempublikasikan berita melalui internet  yang dapat tersebar dengan cepat dan  luas di bandingkan dengan menggunakan pos atau koran. Kita juga bisa menyebar luaskan informasi ke seluruh dunia dan dapat berinteraksi langsung melalui komputer.

5). Komunikasi yang cepat dan luas, fasilitas yang ada di internet banyak membuktikan kecepatan dan luasnya berkomunikasi dengan orang yang dituju tanpa batas wilayah, seperti E-mail yang telah banyak digunakan untuk mengirim dan menerima dokumen. Chat atau video call juga mempercepat komunikasi.

Peran perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini sangat besar, sehingga tidak dapat dipisahkan dari dunia bisnis, karena perkembangan teknologi informasi dapat memberikan berbagai macam keuntungan dan kemudahan dalam menjalankan aktivitas bisnis. Namun selain memberikan manfaat dalam bidang bisnis, teknologi informasi juga dapat di salah gunakan dalam hal yang kurang baik. Oleh karena itu, kita harus berhati-hati untuk menggunakannya, dan jangan sampai di salah gunakan. Semoga kita bisa menggunakan teknologi sebaik-baiknya.


Tag : Teknologi
2 Komentar untuk "5 Manfaat Teknologi Dalam Dunia Bisnis"

wah ane baru tau tuh gan hehe

good artikel min, untuk mengembangkan bisnis kalian bisa nih menggunakan jasa pembuatan website Jakarta yang memanfaatkan kemajuan teknologi.

Back To Top