Seputar Teknologi Komputer dan Jaringan

loading...

Sejarah Web Browser


Sejarah Web Browser



Kali ini saya akan menjelaskan tentang sejarah Web Browser, sebelum lanjut mengenai sejarah web browser, saya akan menjelaskan pengertian web browser. Web browser merupakan  perangkat lunak atau aplikasi yang di gunakan pengguna untuk menayangkan atau berinteraksi dengan tulisan, gambar, video, musik dan berbagai informasi lainnya yang terdapat pada halaman web di sebuah situs atau browser di Internet atau jaringan lokal (intranet).

Beberapa browser yang dapat kita gunakan antara lain : Google Chrome, Mozila Firefox, Opera Browser, Internet Explorer, Safari browser, Deepnet Explorer, Avant Browser, Flock Browser, Maxthon Browser, Phaeseout, dan Netscape Navigator.Itulah beberapa browser yang dapat kita gunakan untuk browsing.Sekarang kita bahas sejarah Web Browser.


Sejarah Web Browser

Penjelajah Web pertama ini bernama World Wide Web atau yang di kenal dengan WWW, web pertama ini berbentuk teks, seperti halnya Lynx yang populer hingga saat ini, karena sistem dengan antarmuka grafis ini belum umum pada saat itu. Baru setelah sistem berbasis grafis mulai banyak di gunakan, seorang mahasiswa bernama Marc Andreessen di University of Illinois di Urbania Champaign, Amerika Serikat, pada tahun 1993 membuat sebuah penjelajah web berbasis grafis pertama yang berjalan di atas sistem Operasi Komputer Windows dan UNIX (berbasis motif), penjelajah web tersebut di namai mosaic.

Kemudian, setelah lulus dari Universitas, Marc ditawari oleh salah seorang petinggi Silicon Grapics Incorporated (SGI), untuk membuat perusahaan bernama Mosaic Communication, yang kemudian berubah menjadi Netscape Navigator pada tahun 1994, yang dengan cepat menjadi browser yang paling populer pertama kali di dunia.

Pada awalnya Navigator merupakan web komersial, tetapi seiring dengan waktu akhirnya berubah menjadi dapat diperoleh secara gratis. Penjelajah Web Mosaic yang gratis tidak teruskan lagi pengembangannya, dan di serahkan kepada NCSA (National Computing For Super Computer Applications). Karena NCSA tidak memiliki izin untuk mengomersialkan produk Mosaic, NCSA akhirnya menjual Mosaic kepada Spyglass yang akhirnya menjadi penjelajah Web berbayar.

Microsoft pada saat itu terlambat ikut serta di pasar penjelajah web, pun membeli lisensi Mosaic dari Spyglass, sehingga pada tahun 1995, William Henry Gates akhirnya merilis produk penjelajah Webnya yang disebut dengan Internet Explorer. Dengan dirilisnya Internet Explorer, muncullah perang besar antara penjelajah web populer, yakni Netscape Navigator dan Microsoft Internet Explorer.Tidak lama kemudian, muncullah Web browser bernama Opera yang diciptakan oleh Jon Stephenson Von Tetzchner dan memulai debutnya pada tahun 1996.

Opera terdiri dari kumpulan perangkat lunak untuk Internet seperti perambaan web serta perangkat lunak untuk membaca dan mengirim email.Opera di kenal mempunyai banyak fitur yang kemudian di adopsi  oleh perambaan web lainnya. Meskipun banyak kelebihan, Opera hanya mendapat sebagian kecil dari pasar perambaan Komputer pribadi seluruh dunia.

Kemudian pada tanggal 7 Januari 2003, Steve Jobs akhirnya mengumumkan bahwa apple telah mengembangkan sendiri Web berdasarkan KHTML rendering machine yang dinamakan Safari, setelah sekian lama  mulai  1997 menggunakan Netscape Navigator dan kemudian Internet Explorer sebagai default Web Browser yang di sertakan pada Mac OS 9.1, dan seterusnya.

Pada November 2004,  Blake Aaron Ross seorang pemuda jenius, berusia 19 tahun membuat web browser yang bernama Mozilla. Web browser itu kemudian bergabung dengan Web browser ciptaannya Dave Hyatt yang bernama firefox. Kemudian setelah bergabung namanya berganti menjadi Mozilla Firefox ( aslinya bernama Phoenix dan kemudian untuk sesaat di kenal sebagai Mozilla Firebirds ).

Pendatang baru di pasar penjelajah Web adalah Google Chrome yang pertama kali dirilis pada bulan september 2008. Aplikasi didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin ini popularitasnya meningkat secara signifikan dari tahun ke tahun bersaing dengan Mozilla Firefox yang lebih dahulu merebut sebagian besar pasar penjelajah Internet.

Itulah gambaran tentang sejarah Web Browser, semoga kita bisa memanfaatkan web browser dengan sebaik-baiknya, semoga bermanfaat dan terima kasih sudah membaca.

Tag : Internet
2 Komentar untuk "Sejarah Web Browser"

ok sih ini min, maaksih banyak sudah share solder uap

good artikel min
ubah tampilan website bisnis kalian lebih menarik dengan jasa pembuatan website Tangerang

Back To Top