Seputar Teknologi Komputer dan Jaringan

loading...

50 Istilah-Istilah Umum Dalam Internet


  50 Istilah-Istilah Umum Dalam Internet


Di postingan kali ini saya akan memberikan penjelasan sedikit tentang istilah-istilah umum dalam Internet. Di postingan ini saya akan menuliskan sesuatu yang berhubungan dengan internet yang saya ketahui. Ada beberapa istilah dalam internet antara lain:

1). Account : Sebuah data atau informasi dari seseorang yang terdiri dari username (nama pengguna) dan password (kata sandi) serta beberapa keterangan lainnya.

2). Archie : Suatu alat untuk pengindeks-an arsip yang ada di dalam FTP (File Transfer protocol) yang memungkinkan seseorang untuk melakukan pencarian dengan lebih spesifik.

3). Bandwidth : Jumlah data yang dapat di transfer melalui jaringan dalam jangka waktu tertentu.Bandwidth biasanya ditentukan dalam satuan megabit per second (Mb/s)

4). Banned : Suatu tindakan yang dilakukan untuk memblokir akun tertentu oleh pihak pengelola (moderator). Biasanya dilakukan dengan penyampaian melalui chat, e-mail, atau milis karena diduga identitas tersebut telah melakukan pelanggaran, baik berupa penyalahgunaan perjanjian atau mengacaukan kegiatan di internet.

5). Banner : Media informasi yang berbentuk gambar untuk menampilkan sebuah iklan bergambar pada sebuah website. Banner ini biasanya berfungsi sebagai promosi produk, merek, jasa, layanan, tempat atau hal lain yang berhubungan dengan bisnis.

6). Blog : Sebuah situs pribadi, yang mampu menawarkan berbagai informasi, baik berupa pendidikan, kesehatan, tutorial dan lain-lain di mana keberadaannya sudah seperti website.

7). Blogger : Seseorang yang membuat, merawat, mengelola dan memoderasi blog. .

8). Blogging : Kegiatan yang dilakukan blogger baik berupa menulis artikel, menata desain, mempraktekan teknik SEO, dan lain sebagainya.

9). Bookmark : Menyimpan sebuah halaman web yang disukai di browser agar bisa dibuka kembali di lain waktu.

11). Browser/Web Browser : Program aplikasi yang di gunakan untuk menjelajahi internet. Contoh dari browser ini yaitu Opera, Google Chrome, Mozila Firefox, Internet Explorer, Safari dan lain-lain.

12). Browsing : Aktifitas yang dilakukan oleh seseorang untuk menjelajahi berbagai halaman web browser untuk mencari informasi dari internet.

13). Captcha : Kode verifikasi untuk melanjutkan ke proses selanjutnya dengan memastikan bahwa pengguna itu manusia dan bukan robot.

14). Channel : Tempat bertemu di IRC dimana sebuah group yang terdiri dari beberapa orang dapat melakukan percakapan atau "ngobrol" bersama-sama

15). Chat : Sebuah layanan internet yang di gunakan oleh pengguna untuk saling berinteraksi melalui teks tanpa waktu tunggu (realtime)

16). Connect : Menghubungkan sebuah komputer agar bisa terkoneksi ke internet.

17). Cookie : Informasi mengenai client dari sebuah komputer server kemudian disimpan ke komputer client itu sendiri.

18). Chatting : Sebuah program yang memungkinkan kita bisa "ngobrol" dengan orang lain melalui Internet.

19). Cybercrime : Sebuah tindak kejahatan yang dilakukan di internet .

20). Download : Proses transfer atau pengambilan data dari internet ke komputer.

21). Dial-up : Jenis koneksi internet yang menggunakan jaringan telepon. Disconnect Memutuskan hubungan komputer dengan internet yang sedang connect.

22). Email ( Electronic Mail ) : Merupakan aplikasi di internet sebagai sarana komunikasi surat-menyurat dalam bentuk elektronik.

23). E-commerce (Electronic Commerce) : Perdagangan elektronik melalui media internet.

24). FTP ( File Transfer Protocol ) : Suatu protokol (aturan) yang dipakai secara luas di internet untuk mentransfer file dari komputer satu ke komputer lainnya.

25). Homepage : Merupakan istilah untuk menyebut halaman pertama web yang berisi daftar isi sebuah situs web yang akan muncul jika sebuah situs web di akses.

26). Hacker : Seseorang yang ahli di bidang pemrograman komputer dengan kemampuan untuk menembus atau membobol, seperti membobol sistem keamanan jaringan komputer.

27). HTML ( Hypertext Markup Language ) : Salah satu jenis bahasa pemrograman komputer untuk membangun sebuah website.

28). HTTP ( Hypertext Transfer Protocol ) : Suatu protokol /aturan standar komunikasi yang perlu diikuti oleh web browser dalam meminta atau mengambil suatu dokumen yang disediakan di web server melalui protokol TCP/IP.

29). IRC ( Internet Relay Chat ) : Merupakan aplikasi internet yang digunakan untuk berkomunikasi langsung dalam bentuk teks.

30). Intranet : Merupakan sumber daya informasi yang di gunakan untuk kepentingan internal dari suatu instansi atau perusahaan dengan menggunakan jaringan komputer yang ada.

31). Login : Otorisasi yang di lakukan oleh seorang user atau pengguna untuk masuk ke halaman pribadi dengan memasukkan username dan password di dalam sebuah jaringan komputer termasuk internet.

32). Milis ( Mailing List ) : Merupakan aplikasi yang digunakan sebagai sarana diskusi atau bertukar informasi dalam suatu kelompok melalui sebuah email.

33). News Group : Merupakan aplikasi yang berguna untuk berkomunikasi satu sama lain dalam sebuah forum.

34). Netters : Istilah lain dari Pengguna Internet.

35). Newbie : Pendatang baru di Internet.

36). Offline : Memutuskan koneksi dari Internet atau jaringan Komputer lainnya.

37). Online : Tersambung / terkoneksi ke Internet atau jaringan komputer lainnya.

38). Protocol : Beberapa aturan untuk melakukan suatu pekerjaan tertentu.

39). SEO (Search Engine Optimazion) : Suatu teknik pada suatu website/blog dengan bersaing untuk menjadikan blog urutan teratas dalam hasil pencarian mesin pencari untuk meningkatkan traffik/kunjungan.

40). Search Engine : Sebuah fasilitas di internet yang di gunakan untuk mencari informasi tertentu yang di perlukan pengguna .

41). TCP/IP ( Transmission Control Protocol/Internet Protocol ) : Satu set protokol jaringan yang digunakan untuk bertukar informasi di Internet.

42). Telnet : Fasilitas yang memungkinkan kita dapat mengakses komputer secara jarak jauh melalui Jaringan Komputer dan Internet.

43). Thread : Debat atau diskusi yang sedang berlangsung pada suatu discussion group. Thread juga dapat di artikan sebagai sebuah topik pada forum diskusi di Internet.

44). URL ( Uniform Resource Locator ) : Sistem pengamatan yang digunakan pada World Wide Web. Alamat URL adalah alamat web ( web page ), contoh : alamat URL untuk Yahoo!mail adalah http://mail.yahoo.com.

45). Upload : Proses pengiriman atau transfer data dari komputer yang di pakai oleh user ke Internet atau sebuah situs web.

46). VoIP : Komunikasi dengan suara (telepon) melalui media internet.

47). Wi-Fi (Wirelles Fidelity) : Bentuk transfer data untuk mengakses internet yang dilakukan secara nirkabel (tanpa kabel).

48). WWW ( World Wide Web ) : Adalah suatu ruang informasi dimana sumber-sumber daya yang berguna diidentifikasi oleh pengenal global yang di sebut Uniform Resource Identifier.

49).Web Browser / Perambaan Web : Merupakan software yang mempunyai fungsi untuk menampilkan halaman sebuah website atau software yang berfungsi menampilkan dan melakukan interaksi dengan dokumen-dokumen yang disediakan oleh server web.

50). Web Page : Merupakan lembaran-lembaran halaman sebuah website. 

Itulah sedikit penjelasan dari saya mengenai beberapa istilah-istilah umum dalam internet yang saya ketahui, semoga bisa bermanfaat dan terima kasih sudah membaca.
Tag : Internet
4 Komentar untuk " 50 Istilah-Istilah Umum Dalam Internet"

ada beberapa kata yang baru ane tau, lumayan nambah pengetahuan nih.

Jadi nambah pengetahuan lagi, ternyata banyak juga istilah-istilahnya :)

wow very helpful

Back To Top