Seputar Teknologi Komputer dan Jaringan

loading...

Pengertian Jaringan Komputer Berdasarkan Skala Jangkauan


Pengertian Jaringan Komputer Berdasarkan Skala Jangkauan

Jaringan komputer

Kali ini saya akan membahas tentang jaringan komputer. Apa itu jaringan komputer?-Jaringan komputer adalah kumpulan beberapa perangkat komputer ( dan perangkat lain seperti router, switch, dan lain sebagainya ) yang saling terhubung satu sama lain melalui media perantara dan dapat berkomunikasi,bertukar informasi dan dapat menggunakan sumber daya / resources. Jaringan komputer dibedakan menjadi 3 berdasarkan skala jangkauannya antara lain :

1). LAN ( Local Area Network )

jaringan LAN

Jaringan ini merupakan jaringan lokal yang di buat di area terbatas, seperti dalam suatu ruangan, gedung atau kampus yang mencakup wilayah beberapa kilometer saja. LAN biasanya digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer dalam suatu warnet, supaya server tahu apa saja yang dilakukan oleh client.

Saat ini kebanyakan LAN berbasis teknologi (Institute Of Electrical and Electronics Engineers)   atau yang di kenal dengan IEEE 802.3 Ethernet menggunakan beberapa perangkat seperti hub atau switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mb/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b ( atau biasa disebut Wi-fi ) juga sering digunakan untuk membentuk jaringan LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi ini biasa disebut hotspot. Biasanya LAN dengan teknologi Wi-fi sudah di terapkan di tempat-tempat seperti mal, cafe, kampus dan lain-lain. Jangkauan jaringan tipe LAN di bawah 5 km.

2). MAN ( Metropolitan Area Network )

jaringan MAN

Jaringan ini merupakan jaringan LAN dengan ukuran lebih besar. Mencakup beberapa kilometer melebihi LAN. MAN seringkali di gunakan untuk menghubungkan jaringan-jaringan komputer dalam suatu kota.Jangkauan jaringan komputer tipe MAN berkisar antara 5-50 km.

3). WAN ( Wide Area Network )

jaringan WAN

Jaringan ini merupakan jaringan yang lebih besar dari pada MAN. Biasanya jaringan ini mencakup beberapa negara bahkan lintas benua. Jangkauan jaringan komputer tipe WAN di atas 50 km. Dengan sistem jaringan ini, pertukaran data antar kantor dapat dilakukan dengan cepat serta dengan biaya relatif lebih murah. Sistem jaringan WAN ini dapat menggunakan jaringan internet yang sudah ada, untuk menghubungkan antara kantor pusat dan kantor cabang yang berada di lain kota atau pun negara. Contohnya jaringan PT. Telkom, Bank BRI, Bank BCA, Kantor Pos ( Jasa Pengiriman ) dan lain-lain.

Itulah seputar pengertian jaringan komputer berdasarkan skala jangkauannya, semoga bermanfaat dan terima kasih sudah membaca.
Tag : Jaringan
3 Komentar untuk " Pengertian Jaringan Komputer Berdasarkan Skala Jangkauan"

makasih gan infonya, bermanfaat nih

Info bagus gan nambah wawasan dan ilmu t.I.K ni

Back To Top