Seputar Teknologi Komputer dan Jaringan

loading...

Cara Memasang Kabel Front Panel Di Motherboard


 Cara Memasang Kabel Front Panel  



Saat membokar atau merakit PC(personal computer) pasti kalian pernah menemukan yang namanya kabel front panel. Kabel front panel ini mempunyai fungsi yang sangat vital pada sebuah PC. Dari beberapa orang termasuk saya sendiri pernah membokar atau merakit PC tidak tahu cara pemasangannya. Padahal kabel ini kita bisa menghidupkan PC dengan menekan tombol power dan juga merestart komputer dengan menekan tombol restart. Akan tetapi jika kita tidak bisa memasangnya maka komputer anda mungkin tidak bisa di hidupkan. Kabel front panel ini terdiri dari 4 pasang kabel, antara lain :
  1. HDD LED untuk lampu LED Harddisk
  2. Power LED untuk lampu LED Power
  3. Reset SW untuk tombol Reset
  4. Power SW untuk tombol power 

Pada pemasangan kabel front panel ini sudah ada cara pemasangannya, biasanya terdapat pada sebuah buku manual motherboard saat kita membeli PC. Akan tetapi jika kita membeli PC yang bekas otomatis buku tersebut tidak kita dapatkan. Tapi tenang saja, sekarang hampir semua motherboard sama dalam pemasangan kabel front panel, jadi kita bisa memasang kabel front panel sendiri tanpa adanya buku panduan.

Pada kabel front panel ini terdapat 10 pin. Lima pin berada di atas semuanya bernomer genap, urutan pemasangan dari kiri ke kanan bernomer 2-4-6-8-10. Sedangkan pin yang ada di bawah semua bernomer ganjil, urutannya masih sama dari kiri ke kanan bernomer 1-3-5-7-9. Untuk mengetahui susunan pemasangan kabel front panel lihat di bawah ini :
  • 1-3 untuk kabel HDD LED
  • 2-4 untuk kabel POWER LED
  • 5-7 untuk kabel RESET SW
  • 6-8 untuk kabel POWER SW
  • Sedangkan untuk pin 9 di kosongi


Pin yang akan di hubungkan dengan kabel positif adalah pin 1,2,6,7, sedangkan kabel negatif di hubungkan ke pin nomer 3,4,5,8. Yang berbeda hanyalah pin nomer 5,7 yang berbanding terbalik dengan lainnya, pin lainnya dari positif-negatif sedangkan nomer 5,7 dari negatif-positif. Untuk lebih mudah menghafalkannya gunakanlah susunan seperti ini 1-3=positif-negatif, 2-4=positif negatif, 5-7 negatif-positif dan 6-8=positif-negatif.

Saat menentukan warna pada kabel positif atau negatif tinggal melihat warnanya saja. Untuk kabel negatif biasanya berwarna hitam atau putih. Akan tetapi jika ada kabel hitam dan putih dalam satu pasangan maka warna putihlah yang negatif. Jika ada kabel dan tidak ada warna hitam dan putih, maka umumnya ada warna merah sebagai kabel positif. Itulah beberapa cara untuk memasang kabel front panel
2 Komentar untuk "Cara Memasang Kabel Front Panel Di Motherboard"

Maaf gan jika terbalik beresiko untuk pc

Back To Top