Seputar Teknologi Komputer dan Jaringan

loading...

7 Penyebab Utama Hardisk Mengalami Bad Sectors


  7 Penyebab Utama Hardisk Mengalami Bad Sectors 


Bad sector pada harddisk menjadi suatu yang ditakutkan pengguna komputer, penyebab bad sector pada hardisk itu banyak penyebabnya,namun jika anda tahu penyebab bad sector dan cara cek bad sector harddisk maka anda bisa memastikan harddisk itu bad sector atau tidak.

Penyebab bad sector mungkin terjadi saat mengoperasikan komputer seperti: Beberapa file data harddisk hilang,tidak dapat dibaca atau rusak dan tidak dapat mengakses file dan folder tertentu.


Beberapa Penyebab Bad Sector Pada Harddisk:
  1. Tegangan listrik yang tidak stabil,dengan daya listrik yang menurun menyebabkan harddisk mudah bad sector, itu karena secara tiba-tiba pada saat harddisk melakukan proses baca tulis head akan terhenti mendadak dan bekerja mendadak saat daya listrik naik lagi secara tiba-tiba,itu dapat menggesek piringan harddisk pada komputer.
  2.  Melemahnya magnetik dari piringan harddisk dan kesalahan mekanis.Kemungkinan daerah magnetik disk kehilangan magnet dan karena itulah harddisk tidak mempunyai kemampuan dalam menyimpan data.
  3. Akibat jatuh atau benturan,ini di sebabkan karena guncangan atau getaran yang mengenai harddisk pada saat anda mengoperasikan komputer, pada saat itu harddisk sedang melakukan baca tulis, bila terjadi goncangan atau getaran,dapat menyebabkan head akan menggesek piringan harddisk, sehingga menyebabkan harddisk bad sector.
  4. Mematikan komputer tanpa shutdown, kebiasaan ini bisa membuat harddisk bad sector, karena mematikan komputer tanpa shutdown,bisa menyebabkan piringan harddisk tergesek ,dan menyebabkan harddisk bad sector.
  5. Banyaknya virus yang menyerang hardisk, penyebab dari virus tidak hanya merusak data saja, kerusakan yang ditimbulkan virus juga dapat merusak sistem operasi akibatnya komputer sering hang dan restart sendiri.
  6. Umur harddisk yang sudah tua, hardisk yang sudah berumur lebih dari 5 tahun dengan pemakaian yang sangat tinggi menyebabkan hardisk bad sector, karena hardisk yang sudah tua lebih mudah terkena bad sector dan harus mengganti harddisk yang baru.
  7. Tidak pernah melakukan pembagian partisi hardisk, beberapa tumpukan file yang lama dan file yang baru sering tidak beraturan, sehingga proses dari kinerja harddisk akan menurun dan membuat loading di komputer menjadi berat. 

Lalu bagaimana cara  kita mengetahui bahwa harddisk kita mengalami bad sector atau tidak?-begini caranya:

Pertama, buka command prompt(CMD),anda bisa membuka lewat menu run atau juga bisa lewat program aplikasi.

Kedua, Setelah itu ketik CHKDSK pada cmd.



Ketiga, tunggu sampai proses selesai,kemudian jika ada tulisan 0 KB in bad sectors,berarti harddisk anda masih baik-baik saja, dan jika harddisk anda ada tulisan 0 < 7 KB in bad sectors berarti itu tanda harddisk anda mulai bad sectors.



Itulah beberapa penyebab harddisk  bad sector , untuk solusi aman untuk menghindari bad sectors, gunakanlah komputer sebaik-baiknya dan hindari masalah-masalah yang menyebabkan harddisk bad sectors, terima kasih sudah membaca dan semoga bermanfaat.
1 Komentar untuk " 7 Penyebab Utama Hardisk Mengalami Bad Sectors "

What is the safest sport to bet on? - Sporting 100
How safe 평택 출장샵 are betting odds on horse racing? 부천 출장안마 — How safe are betting odds on horse racing? What is the safest sports 토토 사이트 추천 to 충청남도 출장마사지 bet on? 온라인 바카라

Back To Top